Total Tayangan Halaman

Senin, 18 April 2011

Air Asia case


BACKGROUND
Pada tahun dua ribu lima,  India masuk kedalam  kategori lima besar negara berkembang tercepat. Hal ini dikarenakan meningkatnya  secara pesat jumlah business man, industry dan cracker yang terdapat di India. Selain itu sarana transportasi di India, khususnya transportasi udara berkembang sangat pesat karena tingginya kegiatan  mobilitas warga india.
             Di karenakan tingginya kegiatan mobilitas warga india,  maka akan berdampak pada permintaan pilot yang meningkat secara drastis. Sehingga harus diantisipasi dengan sumber daya manusia yang ada. Tetapi pada kenyataannya tidak dapat diimbangi dengan kesiapan sekolah - sekolah penerbangan di India sehingga banyak pilot yang mendapatkan lisensi penerbangan palsu.
            Kasus pemalsuan lisensi penerbangan  ini terbongkar saat terdapat sejumlah pilot yang melakukan pendaratan yang buruk. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan terbang para penumpang. Setelah berkali kali mendapat laporan dan keluhan dari konsumen Air India, maka  pihak otoritas India pun melakukan pemeriksaan terhadap hal ini dan ditemukan fakta bahwa beberapa pilot tersebut menggunakan dokumen palsu dalam mendapatkan izin terbangnya.
            Sedikitnya empat belas orang pilot dari maskapai penerbangan komersial, termasuk Air India, Indigo, dan SpiceJet, telah ditahan oleh otoritas setempat. Penahanan ini dilakukan usai dilakukannya razia izin terbang terhadap ribuan pilot yang ada.
            Pihak otoritas setempat telah memeriksa buku catatan instruktur pada sekolah penerbangan yang telah memberikan lisensi penerbangan kepada keempat belas pilot tersebut dan menemukan temuan mengejutkan. Dari buku catatan tersebut, ditemukan fakta bahwa para pilot yang ditangkap baru menjalani pelatihan penerbangan selama lima puluh sampai enam puluh jam. Padahal sesuai standart operational procedure  (SOP), seorang pilot haruslah menyelesaikan pelatihan penerbangan selama minimal dua ratus jam untuk bisa mendapatkan izin terbangnya.
            Bahkan Dirjen penerbangan sipil India Mr. Bharat Bhushan mengatakan karena maraknya kasus-kasus pemalsuan lisensi penerbangan, maka  Departemen Perhubungan India akan memeriksa ulang surat izin terbang empat ribu pilot.
            Hal ini bedampak pada hilangnya rasa kepercayaan para konsumen kepada maskapai - maskapi penerbangan di India. Warga India lebih memilih menggunakan jasa maskapai penerbangan asing karena keamanan serta kenyamanannya lebih terjamin, selain itu maskapai penerbangan asing hampir pasti hanya akan menggunakan jasa pilot pilot berkualitas.

OBJECTIVE
            Kecelakaan yang terjadi pada Maskapai Penerbangan Air India adalah dikarenakan Human Eror. Dimana terdapat banyak pilot-pilot yang mengoperasikan pesawat tidak sesuai dengan prosedur penerbangan. Ternyata kecelakan yang terjadi akhir-akhir ini setelah diteliti kebenarannya adalah dikarenakan Human Error, bukan karena kesalahan dari pesawat itu sendiri.
            Setelah dilakukan pemeriksaan, kami mengumpulkan seluruh pilot Air India untuk diperiksa kembali. Ternyata, setelah pemeriksaan kepada seluruh pilot tersebut, ditemukan begitu banyak pilot yang tidak mempunyai ijazah resmi dari sekolah penerbangan mereka sebelumnya.
            Mereka memalsukan ijazah mereka tersebut agar mereka bisa cepat lulus dari sekolah penerbangan mereka. Hal itulah yang mengakibatkan begitu banyak pesawat yang mengalami kecelakaan, karena pilot-pilot tersebut tidak lulus dengan baik tentunya mereka belum menguasai sepenuhnya atau belum menguasai dengan baik tentang penerbangan dan pengoperasian pesawat.
            Banyak hal yang memicu mereka melakukan pemalsuan ijazah tersebut. Yaitu, mereka ingin cepat-cepat lulus dari sekolah penerbangan mereka, dan untuk cepat-cepat mendapatkan pekerjaan. Kami sebagai PR dari Maskapai penerbangan ini, harus mengatasinya.
            Hal yang kami lakukan sebagai PR dari Air India untuk mengurangi terjadinya kecelakaan pesawat adalah seperti berikut:
ü  Mengumpulkan semua pilot-pilot Air India
ü  Memeriksa kembali pilot-pilot Air India untuk dibuktikan keabsahan dari ijazah mereka tersebut
ü  Di test uji kembali tentang bagaimana mengoperasikan pesawat dengan sesuai prosedur penerbangan
ü  Dilatih secara fisik dan mental guna untuk memperkuat fisik dan mental mereka
ü   Dikarantina kembali dalam mempelajari tentang pengoperasian pesawat dan penerbangan
ü  Pilot-pilot yang terbukti tidak sah atau mempunyai ijazah palsu, mereka akan dikeluarkan dari Air India
ü  Bukan untuk Pilotnya saja yang kami periksa, seluruh bagian-bagian dari pesawat juga akan kami periksa untuk memeriksa kembali bagian-bagian mana saja yang sudah tidak layak pakai, semuanya akan kami periksa kembali
ü  Perusahaan kami juga akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang terkait untuk memperhatikan masalah ini, yaitu dengan selalu mengawasi sistem-sistem yang berlaku.
            Semoga dengan ini kecelakaan yang terjadi pada kecelakaan pesawat khususnya Air India bisa berkurang, atau semoga tidak terjadi kasus seperti ini lagi.












PR STRATEGY
Strategi yang digunakan memiliki langkah – langkah yang harus dilakukan secara urut demi mengembalikan citra dan nama baik Air India, seorang praktisi PR dituntut untuk bereaksi secara cepat tanpa menunda – nunda waktu karena setiap menitnya informasi mengenai isu/ kasus jelas cepat beredar dan kita tentu tidak ingin media massa terlalu berspekulasi karena kurangnya komunikasi dengan jurnalis.
Langkah – langkah yang harus dilalui meliputi :
-          Stimulate ( stimulasi )
-          Search ( mencari dan beraksi )
-          Transform ( merubah opini public )
-          Recognize ( kenal dengan image baru )
-          Inspire ( inspirasikan kepada khalayak )

  1. Stimulate
       ( - ) permasalahan yang terangkat hingga ke publik tentunya akan membuat cemas konsumen yang biasanya menggunakan jasa Air India dan berpotensi membuat bangkrut perusahaan. Awal kejatuhan karena rasa tidak percaya akan keamanan dan masyarakat akan lebih memilih menggunakan jasa maskapai yang lain sehingga penjualan tiket menurun sekalipun kita merupakan Airlines tertua di India.
      ( + ) issue yang beredar memang negative akan tetapi bila dapat diputar balikan keraguan publik maka keuntungan besar untuk perusahaan karena tahap awal untuk mencari perhatian public telah berhasil walau dengan cara yang kurang baik, namun segala sesuatu bisa ditutupi dengan strategi dan komentar yang tepat. Seperti halnya kasus maskapai penerbangan Garuda Airlines ketika pesawat mereka jatuh tentu membuat takut penumpang sekalipun mereka maskapai ternama di Indonesia, dengan membesarkan pilot yg berhasil melakukan pendaratan darurat secara aman mereka menonjolkan sisi heroic pilot mereka melalui surat kabar dan media massa lainnya justru membuat garuda semakin popular di mata maskapai Internasional. Kasus mereka cukup mengkhawatirkan dimana kredibilitas atau kelayakan mesin pesawat dipertanyakan tetapi seperti yang saya katakan bahwa dengan strategi dan komentar yang tepat semua dapat teratasi, dan itulah yang juga akan kami laksanakan.
  1. Search
-          Mengecek ulang izin seluruh pilot.
-          Mengundang Ketua Komisi Transportasi UE Mr. Jacques Barrot dan ketua persatuan maskapai penerbangan USA Mr. Glenn titon untuk memverifikasi pilots Air India serta memberi sertifikat kepada para pilot air india yang telah lulus verivikasi
-          Mengadakan press conference dan hanya mengundang jurnalis yang memang merupakan mitra Air India.
Potensi dramatical
-          Memberi jas merah kepada pilot yang telah lulus verivikasi agar ada point pembeda.
-          Bekerja sama dengan bollywood unutk membuat film bertemakan “pilot berjas merah”

  1. Transform
Merubah pola pikir atau opini public dengan ide memberikan jas merah kepada mereka yang telah diverifikasi merupakan langkah yang kami harapkan dapat menjadi symbol yang iconic kepada masyarakat. Jas merah pada pilot seakan menjadi hal yang akan selalu diingat oleh konsumen penerbangan di Airlines apapun yang mereka gunakan jasanya, sehingga saat mereka tidak menggunakan Air India dan melihat pilot yang lain tidak menggunakan jas merah, mereka akan bertanya dalam hati apakah mungkin pilot – pilot ini telah di cek ulang surat izin pilotnya seperti Air India, dan secara tidak langsung membalikan keraguan mereka kepada maskapai penerbangan lain yang dulu mereka miliki pada Air India, bahwa segalanya mungkin terjadi dimana Error yang dulu terjadi pada Air India mungkin juga dapat terjadi pada maskapai – maskapai penerbangan lain.


  1. Recognize
Tahap pengenalan atau cara agar masyarakat dapat menangkap pesan, maksud dan tujuan dari jas merah tentu tidak akan mudah bila hanya mengandalkan press conference yang dicatat jurnalis sebagai mediator dan diterbitkan Koran dalam media cetak, tetapi kita membutuhkan periklanan dan mungkin hal yang lebih seperti layar lebar misalnya.
Perikalanan menurut kami dengan mengganti tag line atau slogan Air India, dikarenakan latar belakang pilot yang bermasalah maka kita harus mengganti slogan maskapai penerbangan dengan bunyi “ Air India, Fly with safe pilots “ disertakan dengan iklan yang memuat seorang lelaki yang menggunakan jas merah didalam pesawat dengan background perjalanan di udara.
“Let everyone know what the best stories”
- Bekerjasama dengan bollywood untuk  membuat  film yang berjudul pilot      berjas merah.
- Bercerita tentang  kemauan, kerja keras dan usaha seorang anak kecil untuk
menjadi pilot berjas merah dengan segala konflik didalamnya.
            - Membuat image untuk exclusivitas jas merah
            - Memanfaatkan word of mouth
Seperti halnya film “catch me if you can”. Yang diceritakan bersangkutan dengan pilot tanpa lisensi di Air India dan pada akhir cerita kita mengangkat alur bahwa Air India memiliki pilot – pilot yang sah sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran khalayak.

  1. Inspire
Jadikanlah ini sebagai sebuah inspirasi kepada anak – anak dan masyarakat bahwa Air India maskapai yang bertanggung jawab kepada rasa keamanan customer.


“Storytelling Makes Messages Memorable”
  Tools :   Media massa                                                                                                                          MediaSocial                                                                                                       Bollywoodmovie                                                                                                                      
Word of mouth

RESULT
            Dengan menstimulasi kelebihan dan kekurangan dari upaya pengembalian nama baik tentu memiliki hikmah walau membutuhkan tahap atau waktu yang cukup lama dengan reaksi kami yang memverifikasi pilot serta mengundang beberapa orang penting memberikan perubahan dalam image Air India yang bertanggung jawab, melalui press conference dengan bantuan para jurnalis yang memasukan tulisan mereka di media cetak pasti memberikan suatu informasi yang berguna bagi masyarakat dimana pada akhirnya kami yang menikmati kembali nama baik dan efektifitas PR program kami, disertai transformasi pilot menggunakan jas merah yang kami wacanakan dalam film yang mungkin di buat oleh bollywood akan membuat turning point atau timbal balik klimaks kepada citra perusahaan dengan melengkapi slogan baru Air India “ Air India, fly with safe pilots” sebagaimana opini public yang telah kami putar balikan keraguannya terhadap Air India. Storytelling berjalan dengan tambahan media online yang juga kami laksanakan seperti akun facebook dan twitter sebagai pelengkap, agar eksistensi dan informasi Air India dapat terus ditemukan dan dipahami secara positif.





MONITOR AND EVALUATION
Setelah kita mengetahui background permasalahan dan cara mengatasinya,pada bagian monitoring ini kita memantau seberapa besar keberhasilan dari strategi yang di pakai.
Memanfaatkan stimulate negative yang ada,dengan turning point,maka image dari air india akan terselamatkan untuk masa-masa awal krisis.Pada tahap berikutnya,strategi search dimana pihak air india bekerja sama dengan pihak luar yang terkait dan mengkoreksi ke dalama air india itu sendiri,sehingga akan terjadi perubahan signifikan yang berdampak positif untuk image air india.Tahap berikutnya yaitu transform,dimana kita mulai membuat public opinion mengenai pilot jas merah sebagai pilot terpercaya,pada strategi ini akan sangat baik pencapainanya,karena kedepanya air india akan sangat di terpercaya di banding competitor lainnya.Recognize ,pengenalan jas merah ini sendiri akan di bantu dengan pihak bollywood,sehingga akan sangat mengena di hati masyarakat,di pastikan ini akan sukses,di iringi dengan perubahan tag line.. Air India, Fly with safe pilots.Inspire,dengan menonjolkan cerita dengan nilai tanggung jawab yang besar,hal ini akan selalu di kenang di hati masyarakat ,strategi ini akan berhasil mengubah image air india.Keseluruhan strategi setelah di evaluasi memberikan dampak positif bagi air india Dallam mengembalikan citra dan mendapat kepercayaan di hati masyarakat. Strategy berjalan baik sesuai kebutuhan,sehingga dengan optimis dapat mengembalikan citra positif AIR INDIA dan segera mendapatkan tempat di hati masyarakat dalam memilih jasa penerbangan





1 komentar:

  1. Fahmi, gw inget bgt nih sama ini tugas hahaha.. mantab Dan! keep update :D

    BalasHapus